pengertian iklan
Pengertian
Iklan adalah
berita atau pesan untuk membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang
ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan
seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dll.
Iklan mengandung pemberitahuan
kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang
dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi,
ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal. Seperti contohnya ajakan untuk
menanam pohon atau menjauhi narkoba.
Pembuatan iklan di media cetak
dibatasi oleh ruang atau tempat, sedangkan iklan di media digital dibatasi oleh
durasi. Jadi, pembuatan iklan biasanya dibuat singkat, padat dan berisi untuk
mengurangi beban biaya penayangan.
Fungsi Iklan
- Memberikan Informasi (Informing)
- Membujuk (Persuading)
- Mengingatkan (Reminding)
- Memberikan nilai tambah (Adding Value)
Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, salah seorang ahli dan praktisi dalam bidang
periklanan, mengungkapkan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
1.
Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan
lain-lain)
- Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan
(penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
- Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
- Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk,
baik itu harga, fungsi, manfaat dll.
Komentar
Posting Komentar